Minggu, 17 Februari 2013

Angela Aki..Japanese pop singer.

Belum lama ini..ku mulai suka lagu-lagu yg pernah dinyanyikan para penyanyi jepang di acara Kouhaku Uta Gassen. Salah satunya ada penyanyi wanita yang membuatku kagum saat mendengar ia menyanyi..yaitu Angela Aki san yg merupakan blasteran ayah yang berasal dari jepang-ibunya Amerika-itali ini lahir di sebuah kota Itano yang merupakan pulau dibagian dari pedesaan Shikoku 15 September 1977..



Aki san mulai mengambil pelajaran piano ketika ia berusia tiga tahun dan tinggal di Tokushima sampai kelas enam, dan menghabiskan hari-hari SMP nya sekolah tinggi di Okayama. Ia pun mengakui bahwa tumbuh ras campuran di pedesaan Jepang sangatlah sulit dan dia beralih ke piano sebagai pelarian dari keterpurukan yang dirasakannya.
Aki pun pindah ke Hawaii ketika ia berusia lima belas tahun dan lulus dari Sekolah Iolani. Dia dapat berbicara bahasa Inggris dan Jepang . Ia tenggelam dalam musik di sana selama empat tahun. Dia lulus dari George Washington University di Washington, DC, dan mengambil jurusan ilmu politik
Dilihat dari kehidupan pribadinya.. Ia pernah menikah dengan seorang insinyur, produser dan artis Tony Alany, yang ikut memproduksi album pertamanya. Pada tanggal 9 Maret 2007, Aki mengumumkan pernikahannya yang ke-2 bahwa bersama direktur dan penerbit Taro Hamano. Pada bulan September 2011, ia mengumumkan bahwa ia sedang hamil.. Pada bulan Februari 2012, Aki pun mengumumkan bahwa ia telah melahirkan anak pertamanya, seorang bayi laki-laki.

Karir dan Debut di Jepang

Pada tahun 2000, dia merilis album indie di Amerika Serikat, yang berjudul "These Word". Setelah lulus dari universitas, ia menemukan pekerjaan di Washington, DC dan bekerja sebagai sekretaris. Dia tidak bisa menyerah mimpinya menjadi seorang penyanyi, namun, dan berhenti dari pekerjaannya pada tahun 2001. 
Setelah memproduksi musik komersial untuk beberapa perusahaan Jepang, termasuk satu untuk Yakult produk susu yang dinyanyikan oleh vokalis Jazz AS Jimmy Scott, ia memutuskan untuk kembali ke Jepang. Pada tanggal 27 September 2003, Aki melihat konser Shiina Ringo di Nippon Budokan Hall, dan berjanji pada dirinya sendiri dia akan tampil di tempat yang sama dalam waktu tiga tahun yang akan datang, meskipun dia tidak pernah terdengar, belum ditawari kontrak dengan label rekaman, atau telah dia membuat album atau debut nya. Dia tampil live di tempat-tempat kecil dan bar di Tokyo saat bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran Cina. Angela menulis 100 lebih lagu dan juga membuat beberapa CD demo .
Pada tahun 2005, ia merilis independen mini-album di bawah Music Virgo berjudul "One" yang merupakan 1 penjualan album Hindia tahun 2005. Ini mengingatkan Nobuo Uematsu ke musiknya, dan ia memintanya untuk menulis lirik dan lagu tema ini untuk Final Fantasy XII, "Kiss Me Good-Bye".
Dia dikontrak dengan Epic Records dan membuat debut nya dengan nama "HOME" pada bulan September, 2005. Album ini terjual lebih dari setengah juta eksemplar dan mencapai # 2 di tangga lagu Oricon.
Pada tanggal 26 Desember 2006, ia menggelar konser di Nippon Budokan Hall, membuat sejarah di sana sebagai artis pertama yang pernah tampil di solo tempat terkenal (hanya dengan pianonya) - tidak ada penyanyi cadangan, band atau pembuka.

Pada bulan Mei 2006, Angela ditandatangani dengan Tofu Records untuk merilis single Inggris dan album. Rilis pertamanya dengan Tofu adalah "Kiss Me Good-Bye" sebagai single digital di Amerika Serikat. Kemudian bulan yang sama ia melakukan performe Final Fantasy XII , "Kiss Me Good-Bye" di premier konser PLAY! A Video Game Symphony di Chicago pada tanggal 27 Mei 2006. Dengan orkestra, ia memainkan piano dan menyanyikan lirik bahasa Inggris, yang ia tulis sendiri. Dia juga menyanyikan versi cover dari Faye Wong "Eyes On Me", lagu tema Final Fantasy VIII, dengan iringan pianonya.

Pada bulan Februari 2009, Aki merilis album ketiga di Jepang, :ANSWER - yang pertama dia diproduksi sepenuhnya oleh dirinya sendiri .Angela Aki terpilih untuk menyanyi Bob Dylan "Knockin 'on Heaven's Door" dengan lirik aslinya Jepang untuk film Heaven's Door, dan terpilih untuk menulis dan melakukan lagu tema berjudul "Ai no kisetsu" untuk drama pagi NHK "Tsubasa" disiarkan sejak tanggal 30 Maret 2009.

Pada bulan September 2010, Aki merilis album keempat di Jepang, "Life", dan kemudian pada bulan September 2011 merilis album kelima "White". Blue dirilis sebagai album studio 7th Aki di Jepang pada tanggal 18 Juli 2012, bersama dengan single dari album yang sama, "Confession" (告白), dirilis 11 Juli 2012.dan ini lagu yg paling ku suka judulnya Tegami yg menceritakan tentang kegelisahan seorang remaja yang berusia 15 tahun. Banyak hal yang ingin ditanyakan dalam pencaharian jati diri sehingga ia menulis surat yang mencurahkan kegelisahan untuk dirinya sendiri di masa depan. so kalian bisa lihat cuplikannya di bawah ini ^^

dan yang dibawah ini arti dari lagu ini ^^



SC: wikipedia and u tube.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar